Photobucket

Thursday, August 5, 2010

SHALAT SUNAT NISFU SYA'BAN

Senin, 26/7/10 bertepatan dengan malam 15 Bulan Sya'ban 1431 H atau lebih sering kita kenal dengan nama Malam Nisfu Sya'ban, merupakan malam ditutupnya Buku Catatan Perjalanan Hidup satu tahun ke belakang dan dibuka kembali lembaran buku baru untuk catatan satu tahun ke depan. Pada malam itu di Pondok Pesantren Suryalaya dilaksanakan salah satu amalan rutin tahunan yaitu Shalat Sunat Nisfu Sya'ban yang banyaknya seratus rakaat (50 salam). Shalat Sunat Nisfu Sya'ban ini dilaksanakan berdasarkan Maklumat Pangersa Abah yang ditandatangani pada 1 Juni 1982.
Shalat sunat ini dilaksanakan di Masjid dan Madrasah. Untuk di Masjid dipimpin oleh KH. Drs. Sandisi, sedangkan yang di Madrasah dipimpin oleh KH. Zaenal Abidin Anwar.
Menjelang adzan maghrib para ikhwan dan akhwat yang berada di sekitar komplek Pondok Pesantren Suryalaya telah berdatangan guna melaksanakan Shalat sunat Nisfu Sya'ban secara berjamaah di Masjid Nurul Asror. Selepas adzan dan shalat sunat qobliyah maghrib KH. Drs. Sandisi bertindak sebagai imam shalat maghrib yang dilanjutkan dengan amaliah dzikir berjamaah dan diakhiri dengan shalat sunat ba'diyah maghrib. Selanjutnya sang imam mengumumkan terlebih dahulu guna mengingatkan para ikhwan tentang Tata Cara Pelaksanaan Shalat Sunat Nisfu Sya'ban yang akan dilaksanakan.
Karena banyaknya ikhwan yang ikut melaksanakan shalat Sunat Nisfu Sya'ban sehingga memenuhi masjid sampai halamannya. Ketika shalat sunat baru dilaksanakan beberapa rakaat hujan turun agak deras, tetapi tidak menggugurkan semangat para ikhwan untuk tetap melaksanakan shalat Sunat Nisfu Sya'ban.
Memasuki waktu isya para jamaah melaksanakan shalat isya dan dzikir secara berjamaah kemudian dilanjutkan dengan Shalat Sunat Nisfu Sya'ban sampai selesai. Walaupun hujan terus mengguyur tetapi pelaksanaan Shalat Sunat Nisfu Sya'ban ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © ds Powered by Blogger. A-R Mag Blogger Template By Ahmad Rifai | 5-Shops